Kacang Panjang, Makanan Sehat yang Aman untuk Diabetes

Home / Gaya Hidup / Kacang Panjang, Makanan Sehat yang Aman untuk Diabetes
Kacang Panjang, Makanan Sehat yang Aman untuk Diabetes Kacang panjang aman untuk penderita diabetes

TIMESMANADO, JAKARTA – Orang dengan diabetes harus hati-hati memilih makanan. Harus dipastikan makanan yang dikonsumsi tidak memicu peningkatan kadar gula darah. Nah, salah satu makanan sehat yang aman dikonsumsi adalah kacang panjang.

Kacang panjang tinggi akan kandungan serat, protein, vitamin, mineral dan antioksidan. Namun, rendah lemak dan kolesterol. Menurut American Diabetes Association (ADA), kacang panjang termasuk dalam makanan pilihan bagi pengidap diabetes. Ini karena kacang panjang mampu membantu mengendalikan kadar gula darah.

Seperti dilansir dari Klik Dokter, berikut ini adalah kandungan gizi sekaligus manfaat kacang panjang untuk orang dengan kencing manis.

1. Karbohidrat

Kacang panjang kaya akan karbohidrat, namun memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari jagung. Ini artinya, kacang panjang tidak akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara drastis. Kacang panjang juga mengandung jenis karbohidrat kompleks.

Ini berarti tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencernanya sehingga membantu gula darah tetap stabil. Menurut USDA, National Nutrient Database, tiap 100 gram kacang panjang mengandung 47 kalori, 8,3 gram karbohidrat, 2,8 gram protein, 0,4 gram lemak, dan 0 gram kolesterol.

2. Serat

Kacang panjang tinggi akan serat. Dengan demikian, kacang panjang dapat membantu memperlambat proses pencernaan karbohidrat sehingga menstabilkan kadar gula darah untuk waktu yang lebih lama.

Serat dalam kacang panjang juga bermanfaat dalam membantu meningkatkan respons insulin terhadap gula dan membantu proses pembakaran lemak.

American Heart Association (AHA) bahkan mengatakan bahwa serat dalam kacang panjang juga dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL). Semakin rendah kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, semakin minimal pula risiko penyakit jantung, stroke dan obesitas.

3. Protein

Kacang panjang merupakan salah satu sumber protein nabati, yang berfungsi untuk membangun sel-sel dalam tubuh. Makanan yang tinggi protein juga membuat rasa kenyang yang lebih lama, sehingga menurunkan risiko makan berlebih dan obesitas.

Menurut American Diabetes Association (ADA), setengah cangkir kacang panjang setara dengan 1 ons daging tanpa lemak jenuh.

4. Vitamin dan Mineral

Kacang panjang kaya akan gizi tanpa lemak jahat, garam dan kolesterol. Kacang panjang mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, antara lain vitamin A, C, B kompleks, folat, zat besi, kalium, magnesium, kalsium, dan mangan.

Kandungan vitamin C dan mangan yang tinggi pada kacang panjang berperan sebagai antioksidan. Ini membuatnya berperan dalam membantu tubuh melawan dampak buruk radikal bebas.

Meski aman dikonsumsi orang dengan diabetes, hindari konsumsi berlebihan. Ini karena kacang panjang juga bisa meningkatkan produksi gas di saluran pencernaan. Selain itu, kacang panjang yang dikonsumsi berlebihan juga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Tags:

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com