4 Langkah Pencegahan Infeksi Virus Corona

Home / Gaya Hidup / 4 Langkah Pencegahan Infeksi Virus Corona
4 Langkah Pencegahan Infeksi Virus Corona FOTO: Glutera

TIMESMANADO, JAKARTAVirus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia), Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Langkah Pencegahan Infeksi Virus Corona

Hingga saat ini, vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona belum ada. Para peneliti masih berpacu dengan waktu untuk mengembangkan vaksin tersebut agar pandemi COVID-19 bisa segera teratasi.

Karena vaksin COVID-19 masih belum tersedia, Anda perlu untuk melindungi diri dengan baik agar terhindar dari infeksi virus ini. Langkah pencegahan yang bisa anda lakukan adalah:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat melindungi Anda dari berbagai macam penyakit, termasuk COVID-19. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, konsumsilah makanan sehat, seperti sayur, buah, ikan, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk berolahraga secara rutin, tidur yang cukup, serta menjauhi asap rokok dan minuman beralkohol. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral, terutama bila asupan nutrisi dari makanan saja tidak cukup. Mulai super antioksidan glutathione, vitamin a, vitamin b3, vitamin c, vitamin d, vitamin e, zinc, omega 3, dan kalsium.

2. Mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan dengan benar merupakan cara efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona. Anda disarankan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun setidaknya selama 20 detik.

Jika Anda sedang dalam perjalanan dan sulit untuk menemukan air dan sabun, bersihkan tangan dengan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol untuk membasmi kuman.

3. Menjaga jarak dengan orang lain

Anda juga disarankan untuk melakukan social distancing dengan cara menjaga jarak dengan orang lain minimal sejauh 1 – 2 meter. Selain itu, sebisa mungkin hindari kerumunan orang dan kurangi bepergian ke luar rumah bila tidak terlalu penting. Tindakan ini dapat mencegah penyebaran COVID-19.

4. Menggunakan masker saat sakit

Bila Anda sedang sakit, gunakanlah masker. Penggunaan masker mampu menghalangi penularan virus Corona dari orang ke orang. Pasalnya, seseorang yang telah terinfeksi virus Corona bisa menularkan virus ini ke orang lain melalui percikan air liur saat batuk ataupun bersin.

Orang Dalam Pemantauan (ODP)

Untuk orang yang diduga terkena COVID-19 atau termasuk kategori ODP (orang dalam pemantauan), ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar virus Corona tidak menular ke orang lain, yaitu:

• Jangan keluar rumah, kecuali untuk mendapatkan pengobatan.
• Periksakan diri ke dokter hanya bila Anda mengalami gejala gangguan pernapasan yang disertai demam atau memenuhi kriteria PDP (pasien dalam pengawasan).
• Usahakan untuk tinggal terpisah dari orang lain untuk sementara waktu. Bila tidak memungkinkan, gunakan kamar tidur dan kamar mandi yang berbeda dengan yang digunakan orang lain.
• Larang dan cegah orang lain untuk mengunjungi atau menjenguk Anda sampai Anda benar-benar sembuh.
• Sebisa mungkin jangan melakukan pertemuan dengan orang yang sedang sedang sakit.
• Hindari berbagi penggunaan alat makan dan minum, alat mandi, serta perlengkapan tidur dengan orang lain.
• Pakai masker dan sarung tangan bila sedang berada di tempat umum atau sedang bersama orang lain.
• Gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung bila batuk atau bersin, lalu segera buang tisu ke tempat sampah. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com