Ini Tips Jaga Kesehatan Usai Bulan Ramadhan

Home / Gaya Hidup / Ini Tips Jaga Kesehatan Usai Bulan Ramadhan
Ini Tips Jaga Kesehatan Usai Bulan Ramadhan Ilustrasi olahraga pagi. (Nike)

TIMESMANADO, MALANG – Bulan Ramadhan telah usai. Setelah berpuasa selama sebulan penuh, tubuh pun harus beradaptasi pada kondisi kesehatan dari  kebiasaan berpuasa menjadi tidak puasa. Terlebih diperlukan mengelola kesehatan yang baik usai puasa. Berikut tips menjaga kesehatan setelah puasa pada bulan Ramadhan. 

Bangun Pagi

Langkah pertama adalah menciptakan rutinitas di mana Anda tetap bangun pagi usai bulan puasa. Meski tidak sahur, diusahakan tetap bangun pagi agar kondisi tubuh tetap terjaga dengan baik.

Bangun terlalu siang, membuat tubuh merasa cepat lelah, karena sebelumnya telah melakukan kebiasaan bangun subuh, dan tidak tidur hingga pagi hari.

Hindari Makanan Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan tidak baik. Termasuk mengkonsumsi makanan secara berlebihan atau balas dendam usai menjalankan puasa juga tidak baik.

Tetap kontrol asupan makanan supaya tidak mengkonsumsi secara berlebihan, karena bisa menimbulkan gangguan kesehatan pasca bulan puasa.

Kurangi Makanan Berlemak atau Santan

Bagi orang dengan pembatasan lemak seperti penderita diabetes dengan komplikasi, jantung, dan hiperkolesterolemia diharapkan untuk menghindari makanan berlemak. 

Sebagai gantinya, dengan menyediakan buah-buahan dan sayuran untuk menjamu menghindari masalah penyakit lemak usai puasa pada bulan Ramadhan.

Olahraga pagi

Mulai biasakan kembali olahraga pagi usai puasa. Karena melalui olahraga pagi, dapat membuat kondisi kesehatan tetap bugar pasca berpuasa pada bulan Ramadhan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com