Permintaan Besar, Desa Sukomaju Dijadikan Kampung Gurami

Home / Berita / Permintaan Besar, Desa Sukomaju Dijadikan Kampung Gurami
Permintaan Besar, Desa Sukomaju Dijadikan Kampung Gurami Bupati Anas Saat mengunjungi kolam salah satu kelompok pembudidaya ikan gurami di Desa Sukomaju. (FOTO: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESMANADO, BANYUWANGI – Sejak era 90-an, Desa Sukomaju, Kecamatan Srono, Banyuwangi, telah dikenal sebagai sentra ikan gurami.

Di Sukomaju banyak terdapat usaha budidaya ikan gurami. Hampir tiap rumah memiliki petak-petak kolam ikan gurami. Namun sekitar 2004-an, banyak yang gulung tikar karena tergiur keuntungan menanam cabai.

"Desa ini sejak lama dikenal tempatnya ikan gurami. Tapi sempat meredup karena banyak pembudidaya ikan yang gagal di sisi manajemen dan beralih profesi. Banyak kolam ikan yang berubah menjadi sawah," kata Sugiono (53), salah satu pembudidaya ikan gurami, Selasa (17/4).

Kini dengan berkembangnya pariwisata di Banyuwangi, restoran dan hotel kian menjamur, sehingga membuat budidaya ikan gurami bergairah kembali.

Permintaan ikan gurami terus meningkat. Bahkan karena banyaknya permintaan, pembudidaya ikan gurami di desa ini kewalahan.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com