Begini Cara Kodim 0824 Jember Bentuk Karakter Pelajar

Home / Berita / Begini Cara Kodim 0824 Jember Bentuk Karakter Pelajar
Begini Cara Kodim 0824 Jember Bentuk Karakter Pelajar Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar saat berpidato dalam pembukaan pembekalan kepada anggota TNI jelang pelaksanaan Program Satu Sekolah Satu TNI di Aula Pemkab Jember. (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)

TIMESMANADO, JEMBER – Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mengatakan bahwa pembinaan dan pembentukan karakter kepada para pelajar di Jember, Jawa Timur perlu dilakukan sedini mungkin melalui Program Satu Sekolah Satu TNI. Tujuannya agar mereka mampu memiliki mental serta daya saing yang kuat dalam kompetisi di era globalisasi saat ini.

Lebih lanjut Arif menerangkan, syarat agar memiliki daya saing yang kuat setidaknya harus menguasai tiga hal. Yakni sains atau ilmu pengetahuan, skill atau kemahiran di bidang tertentu, dan attitude atau ahklak yang baik.

"Tanpa mempersiapkan semua itu sedini mungkin tidak mungkin potensi diri itu dapat berkembang," kata Arif saat memberikan sambutan dalam pembukaan pembekalan kepada seluruh Danramil dan Bintara Tinggi Korami se-Jember dalam rangka pelaksanaan Program Satu Sekolah Satu TNI di Kantor Pemkab Jember, Rabu (18/4/2018).

Dia menuturkan bahwa ketiga hal tersebut dapat diperoleh di dalam pendidikan formal maupun nonformal. Baik di sekolah-sekolah maupun di luar sekolah.

Arif mengatakan, melalui Program Satu Sekolah Satu TNI yang digagas oleh Bupati Jember dr Faida bersama Kodim 0824 Jember, anggota TNI dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan karakter pelajar tersebut.

Caranya yakni melalui pembekalan wawasan kebangsaan atau wawasan nusantara kepada peserta didik, pelatihan paskibra, serta melalui kegiatan ekstrakurikuler baris-berbaris.

"Baris-berbaris dengan sikap sempurna itu tidak hanya sikap badannya saja yang sempurna. Tapi juga sikap di dalam pikirannya yang harus sempurna. Itu juga akan menentukan karakter pemuda di masa mendatang," tegasnya di hadapan para anggota TNI yang ikut dalam kegiatan pembekalan tersebut.

Selain itu, dalam Program Satu Sekolah Satu TNI, para pelajar juga akan ditanamkan tasa cinta dan bangga terhadap produk dalam negeri, khususnya produk-produk dari Jember. Menurutnya, hal tersebut juga akan berdampak kepada sikap dan kepedulian mereka di masa depan.

"Sedini mungkin kita harus merah putihkan mereka," tegasnya.

Dia juga menambahkan, Program Satu Sekolah Satu TNI yang akan dilaksanakan mulai 22 April besok merupakan program yang pertama kali ada di Indonesia. Sehingga di berharap program tersebut dapat menulari kabupaten lain di seluruh Indonesia. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com