Dempet Perut, Bayi Kembar Siam Ini Lahir di Probolinggo

Home / Berita / Dempet Perut, Bayi Kembar Siam Ini Lahir di Probolinggo
Dempet Perut, Bayi Kembar Siam Ini Lahir di Probolinggo Bayi kembar di RSUD Tongas, Kabupaten Probolinggo (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)

TIMESMANADO, PROBOLINGGOBayi kembar siam berkelamin perempuan dilahirkan di Probolinggo, Jawa Timur. Saat ini, bayi dempet perut tersebut, masih dalam perawatan intensif, di RSUD Tongas, Kabupaten Probolinggo. Sementara upaya pemisahan, masih belum dilakukan, lantaran usia bayi yang baru delapan hari.

Bayi kembar siam tanpa nama, putri pasangan muda asal Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Bayi ini lahir dengan kondisi “conjoined twin dichepalic parapagus” atau dempet perut dan dada. Serta hanya memiliki sepasang kaki. Saat dilahirkan, beratnya 4,2 kilogram dan panjang dari dada hingga kaki 37 centimeter.

Bayi kembar siam ini merupakan keturunan kedua dari pasangan ST (26) dan SR (26). Persalinan bayi ini, terjadi pada 10 April 2018 lalu, dengan cara operasi caesar. Hingga saat ini, keduanya menolak untuk memberikan keterangan pada awak media.

Bayi-Kembar-Siam-2.jpg

Upaya pemisahan bayi kembar siam ini pun, dipandang mustahil untuk dilakukan. Jika dilakukan, bayi ini memiliki resiko kematian yang tinggi. Sebab, kondisi bayi hanya memiliki satu pasang kaki, satu kelamin, serta kondisi jantung yang tidak normal. Walaupun dalam kasus ini, bayi memiliki dua jantung, yang saling mendukung satu sama lain. Sehingga mustahil dipisahkan.

“Ini merupakan kasus yang ke 90, yang pernah ditangani tim. Kemungkinan harapan hidup ada, tapi berpotensi terjadi kendala pada jantung dan organ lainnya. Karena itu, kami berupaya memberikan perawatan se optimal mungkin, sehingga bayi ini bisa survive,” Kata tim ahli bedah RSUD Dr. Soetomo Surabaya, Dr. Agus Harianto, Rabu (18/4/2018).

Bayi-Kembar-Siam-3.jpg

Sementara itu, pihak rumah sakit Tongas, tengah menyiapkan tim khusus. Untuk menangani kasus langka ini. Dimana tim khusus ini, juga dibantu oleh tim dokter dari RSUD Dr  Soetomo Surabaya. “Jadi sudah ada tim, siapa melakukan apa, termasuk untuk memberikan keterangan pada awak media,” Kata Plt Dirut RSUD Tongas, Dr. Muhammad Asjroel.

Hingga saat ini, bayi kembar siam dengan kondisi bayi dempet perut masih menjalani perawatan intensif di ruang NICU RSUD Tongas, Kabupaten Probolinggo, di bawah pengawasan dan observasi dari tim ahli bedah. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com